Ingin produkmu muncul paling atas ketika calon pembeli sedang melakukan pencarian di internet? Dalam dunia digital, kita mengenal istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah teknik-teknik yang digunakan pada suatu situs untuk meningkatkan kemudahan situs tersebut untuk ditemukan oleh calon pembeli. Dengan Jasa SEO Google, kamu bisa meningkatkan pengunjung situsmu secara organik alias tidak berbayar. Nah, kamu jadi punya kesempatan lebih untuk tingkatkan penjualan. Kayak gimana sih situs yang akan tampil di halaman pertama pencarian?

Dengan kompetisi yang sedemikian ketatnya, setiap pemilik toko harus mampu menaklukkan persaingan di internet. Ya, bukan hanya blog atau situs pribadi saja yang harus bergulat dengan SEO, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, JD.id dll juga mempunyai ‘SEO’ dalam lingkup yang lebih terbatas. Lingkup SEO marketplace yang dimaksud disini adalah untuk mengoptimalkan produk Anda agar mempunyai performa baik dalam pencarian di aplikasi atau marketplace toko online anda.

Ada beberapa faktor utama konsumen membeli sesuatu produk, salah satunya adalah banyak orang yang memberikan feedback yang baik di toko tersebut.Tentu, selain itu masih banyak lagi faktor lainnya yang akan kita kupas nanti. Tampil teratas saat pencarian kata kunci juga memiliki keuntungan yang besar. Persentase produk akan dilirik konsumen lebih bersar. Tetapi apakah itu saja sudah cukup ? menurut saya tidak.

  1. Jadikan Produk Anda TERMURAH

Ada sebuah trik yang dapat Anda gunakan. Misalnya saja setelah Anda melakukan riset, Anda menemukan bahwa harga termurah adalah Rp 78.000. Maka agar Anda bisa merebut posisi teratas dalam pencarian TERMURAH, Anda bisa menggunakan trik pengurangan harga. Bahkan sekalipun cara yang Anda gunakan kurang elegan, seperti memberi harga produk Rp 77.900 alias hanya 100 rupiah lebih murah, hal ini terbukti memberi efek terhadap pencarian produk Anda.

  1. Produk TERBARU

Ada beberapa jenis produk yang mempunyai ‘masa kadaluarsa’, seperti gadget, produk supplement dengan batch tertentu, atau barang fashion yang sudah tidak sesuai dengan trend. Coba lah rajin meng- update produk Anda, mengubah harga, atau menduplikasikannya agar terlihat lebih menarik untuk calon pembeli yang suka dengan iming- iming status ‘Produk Terbaru’.

  1. Iklan Ads

Salah satu contoh bila anda berjualan di Tokopedia. Beriklan dengan TopAds juga salah satu strategi optimasi tokopedia. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda juga berlangganan gold merchant. Jadi, menurut saya kedua fitur ini saling berhubungan. Ada dua tipe promosi yang disediakan, yaitu promosi produk dan toko. Jika anda bertanya mana yang lebih baik, keduanya baik. Jadi tipe promosi apa saja sangat menguntungkan (relatif), semua itu tergantung kebutuhan target anda.

Tampilan di atas adalah hasil dari kata kunci “baju gamis” dihalaman pertama. Baju gamis salah satu kata kunci yang memiliki kompetitor yang sangat tinggi. Dengan menggunakan TopAds anda mampu bersaing bersama ribuan seller yang sama. Keuntungan seperti ini akan meningkankan penjualan anda, yaitu dengan memepermudah calon pembeli menemukan produk anda.

Harga yang diberikan juga relatif, mulai dari 50rb hingga 1jt. Bagi seller yang baru ingin mencobanya, sebaiknya main di harga terendah dulu. Jadi, manfaat yang didapatkan dengan menggunakan TopAds ini beraneka ragam mulai dari meningkatkan pengunjung ke toko dan produk anda hingga kebanjuran order (relatif).

  1. Menjadi Produk TERPOPULER/ TERLARIS

Salah satu daya tarik yang tak bisa dipungkiri adalah pembeli cenderung membeli produk yang sudah banyak dibeli sebelumnya. Dengan pilihan ini, mereka dapat melihat ulasan reputasi dari produk dan juga penjual. Pembeli mencoba untuk menjadi smart buyer dnegan tidak menjadi ‘korban’ dari pembelian barang yang tidak bagus.

Tapi bagaimana jika produk masih relatif baru nongkrong di marketplace? Gunakan lah trik menjual dengan harga semurah mungkin untuk mengumpulkan penjualan dan rating yang bagus. Setelah rating bagus, naikkan harga produk Anda sehingga produk yang Anda jual sudah punyai nilai lebih.

  1. Foto Produk yang Menarik

Untuk produk yang sudah sangat mainstream, seperti hijab, baju, smartphone, atau produk apa pun yang mempunyai foto studio yang sama, biasanya mata calon pembeli akan cenderung mencari produk dengan display yang mencolok. Maka dari, coba lah untuk memodifikasi gambar asli.

Misalnya saja Anda menjual produk Xiami Redmi. Sertakan lingkaran murah, atau promo tulisan free powerbank, atau tambahkan frame yang mencolok mata. Dengan display yang mencolok, maka mata calon pembeli akan langsung tertuju ke produk tersebut.

  1. Judul Produk

Jangan lupakan penggunakan judul yang berpotensi mendukung SEO. Misalnya jika produk Anda memang original, jangan ragu untuk menambahkan “100% original” jika memang produk Anda berkualitas baik. Atau bisa tuliskan juga “Hiqh Quality”, “Garansi Resmi”, “Termurah”, atau kata tambahan lain yang memang sesuai dengan kondisi barang.

Yang perlu diingat, jangan membohongi calon pembeli Anda dengan membuat judul yang tidak sesuai dengan keadaan barang.

Sebenarnya masih banyak lagi untuk mengatur strategi berjualan di tokopedia, namun untuk saat ini sampai disini dulu pembahasan seo tokopedia ini. Untuk pembahasan selanjutnya akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Chat Whatsapp
Kami adalah penyedia layanan jasa SEO yang sudah terpercaya dan terbaik di Google. Tingkatkan pelanggan Anda melalui mesin pencari Google dengan jasa SEO terbaik di Indonesia.

[iphorm id=1 name=”Paket SEO”] ×