Apa Itu Digital Marketing?

Seperti yang dijelaskan pada kutipan diatas, secara umum digital marketing adalah proses dimana seorang marketer, memasarkan melalui media-media digital. Media digital yang umum adalah website, media sosial, e-mail, dan aplikasi mobile (aplikasi yang tersedia di perangkat telepon genggam, tablet, atau perangkat lainnya). Tujuan digital marketing secara garis besar sama seperti marketing pada umumnya, yakni menyasar ranah awareness (pengetahuan calon customer pada produk atau jasa), ataupun ranah konversi dan peningkatan konversi (scale up).

Strategy Digital Marketing

  • SEO dan SEM

Salah satu strategy digital marketing adalah SEO. Secara singkat SEO (Search Engine Optimization) adalah cara-cara yang dilakukan agar website kita lebih mudah dijangkau siapapun yang mencarinya. Ada dua cara secara umum yang bisa dilakukan yakni dengan mengoptimalkan kata kunci yang ada pada website, baik terkait jumlah kata kunci yang ada. Atau dengan penempatannya pada bagian header, sub-header, metaalt img, interlink, danoutlink. Cara yang pertama ini disebut dengan SEO On Page.

Selanjutnya adalah SEO Off Page, cara ini berkaitan dengan distribusi link yang berasal dari luar website kita. Selain link yang masuk dari sumber luar (baca: website), juga bisa berasal dari social shareSocial share berasal dari link website kita yang dibagikan melalui media sosial milik audiens kita. Mengoptimalkan SEO bisa dilakukan secara organik dengan membangunnya manual, membuat konten yang positif dan memiliki nilai agar menarik untuk di share. Atau bisa dengan menggunakan jalan pintas dengan membeli backlink dan stuffing keywords.

SEM (Search Engine Marketing) adalah cara kedua untuk mendapatkan traffic, atau memasarkan website kita. Cara ini mirip dengan paid ads namun, media yang digunakan adalah iklan yang ditampilkan pada kolom pencarian. Selain tampil pada kolom pencarian juga pada website lain yang punya kerjasama dengan kolom pencarian tersebut.

  • SMM

SMM atau Social Media Marketing adalah sebuah upaya untuk mengenalkan brand atau memasarkannya melalui channel media sosial. Untuk memasarkan melalui media sosial ada banyak jalan yang bisa dilakukan loh. Mulai dari membangun media sosial secara manual dan organik, atau bisa juga menggunakan robot untuk percepaannya. Namun, yang paling baik adalah dengan jalan meng-generate traffic secara organik.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan traffic secara organik melalui media sosial. Hal yang paling sering bisa dilakukan adalah menggunakan fitur berbayar untuk mengenalkan account media sosial pada calon customer potensial. Nah, cara mendapatkan calon potensial ini bisa dari riset demografi yang disesuaikan dengan nilai brang. Kemudian hasil riset ini dimasukkan pada parameter iklan yang akan dipasang. Sedangkan cara kedua bisa dengan menggunakan influencer yang banyak sekali tersebar di berbagai media sosial.

  •  Influencer Marketing

Influencer atau orang yang berpengaruh seringkali juga disebut sebagai KOL atau Key Opinion Leader. Strategy digital marketing yang satu ini memanfaatkan influencer sebagai orang yang memberi pengaruh pada calon customer untuk menggunakan atau mengenal brand. Contoh influencer pada era sekarang adalah selebgram atau selebtweet yang sering meng-endorse­ barang tertentu pada account social media mereka.

Pada periode satu tahun kebelakang, yang menarik adalah mulai munculnya generasi influencer yang baru, dengan julukan yang umum disematkan adalah micro influencer. Secara umum, micro influencer adalah orang-orang yang memiliki pengaruh di media sosial, dengan tingkat engagement rate yang cukup tinggi. Namun tidak sebanyak para selebgram pada umumnya, dengan kisaran minimum followers sebanyak 5000 orang. Penggunaan micro influencer biasanya digunakan untuk menekan biaya karena harga layanan yang lebih murah.

Secara garis besar, digital marketing adalah jalan baru untuk membawa marketing pada level berikutnya, melalui channel digital. Namun, dengan update teknologi yang cukup cepat diperlukan pengetahuan yang selalu terupdate.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Summary
Strategi Digital Marketing
Article Name
Strategi Digital Marketing
Description
Seperti yang dijelaskan pada kutipan diatas, secara umum digital marketing adalah proses dimana seorang marketer, memasarkan melalui media-media digital.
Author
Publisher Name
SEO PEDIA
Publisher Logo
Chat Whatsapp
Kami adalah penyedia layanan jasa SEO yang sudah terpercaya dan terbaik di Google. Tingkatkan pelanggan Anda melalui mesin pencari Google dengan jasa SEO terbaik di Indonesia.

[iphorm id=1 name=”Paket SEO”] ×