Apa itu SEO Lokal

Di era digital dimana segalanya bergantung pada internet seperti hari ini, banyak pelaku bisnis kemudian berlomba-lomba mengusahakan bisnisnya untuk bisa duduk di peringkat atas dalam optimisasi mesin pencari (search engine optimization – SEO), seperti Google. Sayangnya, kesempatan tersebut semakin sulit tiap harinya. Setiap satu pelaku usaha tidak hanya harus bersaing dengan kompetitor bisnis yang memiliki tujuan yang sama, tetapi juga harus bersaing dengan iklan-iklan berbayar. Anda setidaknya harus bersaing dengan empat (atau lebih) iklan sebelum akhirnya calon pelanggan menemukan website bisnis Anda pada hasil pencarian otomatis.

Apa itu SEO Lokal?

SEO Lokal atau Local SEO adalah bentuk optimasi website bisnis Anda di mesin pencari untuk pencarian lokal. Pencarian lokal disini artinyaadalah pencarian yang dilakukan dengan menggunakan kata kunci wilayah geografis atau nama daerah tertentu. Misalnya ketika Anda hendak berpergian ke Bali,  maka Anda akan mencoba riset kecil- kecil untuk rencana piknik Anda dengan mencari informasi di Google dengan kata kunci ‘hotel murah di Bali’, ‘oleh- oleh di Bali’ dan sebagainya.

Kapan optimasi SEO lokal begitu kita butuhkan? Jika bisnis Anda mengincar pasar tertentu atau sebagian besar pembeli Anda hanya berasal dari wilayah sekitar, maka optimasi SEO lokal ini sangat diperlukan. Misalnya Anda adalah pemilik kursus musik di kota Semarang dan Anda melakukan SEO lokal dengan tepat, maka ketika seseorang sedang mencari informasi kursus musik di kota Semarang, mereka memperoleh referensi tentang kursus musik yang Anda kelola, lengkap dengan alamat, no telepon, review dan foto di hasil pencarian di Google. Apa yang akan terjadi? Kursus musik Anda akan cepat populer dan semakin banyak menjaring calon klien. Pasti mau kan hal ini terjadi pada bisnis Anda?

Untuk dapat melakukan optimasi SEO Lokal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. SEO On-Page Lokal
Di dalam SEO Lokal, wilayah geografis memegang peranan penting. Untuk mengincar pasar lokal, Anda dapat memasukkan wilayah yang menjadi target Anda untuk menjadi kata kunci yang ditargetkan. Sisipkan kata kunci wilayah tersebut dalam judul dan meta description website Anda. Jika dirasa perlu dan memungkinkan, Anda juga dapat menambahkah keyword geografis tersebut pada URL dan konten.

2. Website Responsive
Apa pentingnya memiliki website yang responsive? Sejak era mobil-geddon dimulai, memiliki website dengan desain yang responsive bisa dibilang wajib hukumnya. Meskipun di Indonesia pengakses internet browser masih menyukai via desktop, tapi kenyataannya, pencarian lokal lebih banyak dilakukan dari perangkat mobile ( smartphone dan tablet ) dengan persentase sebesar 80%.

3. Mendaftarkan Bisnis Anda di Google My Business ( Google Bisnisku )
Google My Business atau Google Bisnisku merupakan salah satu layanan Google yang mempermudah pemilik bisnis ditemukan di halaman utama hasil pencarian Google. Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business, maka bisnis Anda, alamat, kontak, foto dan review seputarAnda akan muncul di SERP Google.

4. Daftarkan Bisnis Anda di Listing dan Direktori Bisnis Lainnya di Internet
Tidak cukup hanya dengan mendaftar di Google My Business saja, untuk strategi optimasi lokal, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk mendaftarkan bisnis Anda di beberagai listing dan direktori populer yang relevan di dunia internet. Semakin banyak informasi bisnis Anda tersebar di berbagai listing, maka Anda akan semakin menjangkau lebih banyak calon pembeli, dan semakin baik langkah optimasi lokal yang Anda lakukan.

5. Social Media
Media sosial tidak diragukan lagi memiliki peranan yang penting untuk strategi SEO lokal sebuah website. Mulai dari Facebook, Twitter dan juga Instagram adalah social media yang dapat menyedot perhatian calon pembeli datang ke bisnis Anda. Di Facebook, Anda dapat dengan mudah membuat halaman/ fanspage khusus bisnis Anda. Semakin jeli Anda memaksimalkan social media, maka semakin besar peluang bisnsi Anda untuk bersinar dan berkembang.

6. Iklan yang Tertarget
Untuk iklan yang tertarget, Anda dapat melakukannya dengan beriklan di Google Adwords atau beriklan di Facebook ( Facebook Ads ). Google Adwords dikenal sebagai media iklan Google yang sangat efektif untuk menjaring calon pembeli sesuai dengan peta geografis yang Anda inginkan

Facebook Ads pun tidak kalah baiknya dengan Google Adwords. Anda dapat melakukan kampanye iklan sesuai dengan peta geografis, usia, user interest dan lain- lain. Memang untuk beriklan ini berarti Anda harus mengeluarkan biaya. Namun, jika Anda memahami bahwa biaya iklan ini pada akhirnya akan memaksimalkan SEO lokal Anda sekaligus melipatgandakan omset bisnis Anda, maka Anda akan meralat nya menjadi ‘investasi’.

7. Membuat Blog untuk Bisnis
Jika Anda memiliki usaha travel agent, maka buatlah blog berkualitas dan informatif untuk pembaca yang berkaitan dengan dunia travel dan tempat wisata. Jika usaha Anda adalah jasa SEO atau web developer, buatlah blog yang membahas secara mendalam tentang SEO dan internet marketing. Salah satu keuntungan membuat blog yang sesuai dengan bisnis Anda akan membantu meningkatkan otoritas website Anda dan visibilitas di hasil pencarian Google. Otoritas ini sendiri adalah upaya branding yang dapat meningkatkan strategi SEO lokal Anda di mata mesin pencari dan juga calon pembeli.

8. Meminta Orang untuk Melakukan Review Terhadap Bisnis Anda
Percaya lah, review merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan rate closing klien di bisnis yang Anda jalankan. Para praktisi internet marketing pun percaya bahwa ulasan bisnis atau review adalah salah satu strategi efektif untuk meningkatkan nilai SEO sebuah web bisnis.

9. Meningkatkan Backlink Berkualitas untuk Situs Bisnis Anda
Sama seperti strategi optimasi SEO pada umumnya, setelah melakukan serangkaian srategi On-Page, beriklan dan social media, Anda juga perlu meningkatkan backlink berkualitas yang mengarah ke website Anda.

10. Pelanggan lokal bergantung pada internet untuk mencari informasi tentang bisnis Anda

Hari-hari ini, orang-orang bergantung pada internet untuk mencari informasi tentang semua jenis produk dan layanan, apakah mereka menggunakan penelusuran tradisional atau, karena semakin banyak kasus, penelusuran suara untuk menemukan bisnis lokal. Jika bisnis Anda tidak ditemukan pada hasil pencarian lokal, Anda akan kehilangan pelanggan baru. Menerapkan berbagai strategi SEO Lokal untuk bisnis Anda dapat membantu Anda muncul di peta internet untuk dilihat pelanggan di masa mendatang!

Jika Anda membutuhkan konsultasi atau penyedia jasa SEO lokal terbaik, Anda bisa menghubungi kami. SEO Specialist kami siap membantu mengoptimalkan website bisnis Anda. Kami bekerja sama dengan para pelaku SEO profesional yang sangat bisa membantu Anda untuk menjangkau pelanggan lokal lebih banyak.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Summary
SEO Lokal untuk Website Bisnis Anda
Article Name
SEO Lokal untuk Website Bisnis Anda
Description
Di era digital dimana segalanya bergantung pada internet seperti hari ini, banyak pelaku bisnis kemudian berlomba-lomba mengusahakan bisnisnya untuk bisa duduk di peringkat atas
Author
Chat Whatsapp
Kami adalah penyedia layanan jasa SEO yang sudah terpercaya dan terbaik di Google. Tingkatkan pelanggan Anda melalui mesin pencari Google dengan jasa SEO terbaik di Indonesia.

[iphorm id=1 name=”Paket SEO”] ×