Jasa PBN Terbaik

Jasa SEO Malang : Tips Membuat Artikel SEO

Di internet mungkin seringkali Anda menemukan berbagai jenis artikel, mulai dari artikel review, artikel berita, wisata, kuliner, fashion, artikel ilmiah dan lain sebagainya. Setiap jenis artikel tersebut memiliki tujuan tersendiri ada yang untuk memperkenalkan produk atau jasa hingga sekadar menyampaikan informasi. Di antara kedua artikel tersebut juga ada yang menggunakan teknik SEO ada juga yang berupa artikel biasa.

Teknik SEO sendiri mungkin sudah cukup terkenal bagi kalangan penulis atau pemilik website terutama pada dunia digital marketing. SEO memiliki banyak fungsi seperti memasarkan produk di media online agar tepat sasaran atau mengembangkan website.

Namun yang menjadi pertanyaan saat ini, apakah teknik SEO wajib diterapkan pada semua jenis artikel atau hanya artikel tertentu saja? Lantas, apa saja perbedaan antara artikel SEO dengan artikel biasa? Untuk mengetahui lebih jelas, simak ulasannya berikut ini!

6 Perbedaan Dasar Artikel SEO dan Artikel Biasa

Ingin menerapkan teknik SEO atau tidak, itu adalah hak masing-masing pemilik website. Namun hasilnya tentu tidak akan sama, karena di antara keduanya terdapat perbedaan mendasar. Jika Anda ingin membuat artikel SEO, Anda bisa menggunakan jasa SEO Malang.  Adapun berikut ini merupakan 6 perbedaan artikel SEO dengan artikel biasa, di antaranya yaitu

  1. Berdasarkan Tujuannya

Tujuan dibuatnya artikel SEO ialah agar mudah menemukan website Anda melalui search engine. Dengan begitu, banyak pengunjung yang bisa menemukan konten website Anda dengan cepat. Hal ini tentu sangat baik bagi pelaku bisnis yang memasarkan produk atau usahanya di internet.

Sedangkan tujuan dibuatnya artikel biasa hanya untuk memberi edukasi pada pengunjung website atau untuk artikel ilmiah lainnya. Dimana sang penulis atau pemilik website tidak terlalu mementingkan websitenya berada di halaman berapa pada google, karena tujuan mereka hanya menulis dan memberikan informasi atau edukasi.

  1. Judul Tulisan Artikel

Pada artikel SEO judulnya lebih menarik dari pada artikel biasa. Judul pada artikel ini selalu diberikan kata kunci (keyword). Pengoptimasian pada judul artikel SEO selalu dilakukan.

Kalimat yang digunakan bersifat persuasive dan menimbulkan ketertarikan tersendiri pada pembaca. Hal-hal baru yang membuat pembaca penasaran sehingga mereka tertarik untuk membacanya. Namun biasanya pembuatan judul pada artikel SEO seringkali dicocok-cocokan dengan keyword, alhasil terkesan dipaksakan. 

Sedangkan pada tulisan biasa, tidak memerlukan keyword pada judul artikel. Artinya penulis bebas membuatnya dengan kata atau kalimat seperti apa. Sehingga, judul terkesan lebih bersifat natural dan tidak dibuat-buat. 

  1. Keyword Isi

Selain pada judul, pada paragraf pertama dan terakhir juga terdapat keyword. Keyword yang digunakan pada artikel SEO adalah keyword density. Teknik menggunakan keyword tersebut yakni ditulis menyebar di hampir seluruh artikelnya dengan jumlah yang wajar. Sedangkan pada artikel biasa tidak menggunakan keyword di dalamnya. Tidak ada target pada keyword tertentu dan penulis bebas menuliskan apa saja.

  1. Proses Optimasi

Artikel SEO sudah mengalami proses optimasi yang dilakukan saat pembuatan artikel tersebut. Tujuan optimasi yakni supaya dapat mencapai target keyword yang diinginkan. Selain itu, pengoptimalan dilakukan untuk mempermudah pendeteksian dan proses membacaan oleh mesin pencari.

Sedangkan pada artikel biasa tidak menggunakan optimasi karena tidak dibuat untuk banyak orang. Artikel ini terkadang berisi mengenai pengalaman pribadi seseorang dan tidak ditujukan kepada banyak pembaca, hanya orang-orang tertentu saja yang membaca dan menyukainya

  1. Gaya Bahasa

Gaya bahasa pada artikel SEO harus disesuaikan dengan kaidah-kaidah pada artikel SEO itu sendiri. Jadi penulis tidak bisa seenaknya membuat artikel SEO dengan aturannya sendiri.

Sedangkan gaya bahasa yang digunakan artikel biasa dibebaskan, seperti judul yang disesuaikan dengan cara penulisan dari penulis artikel tersebut, misalnya penulis menggunakan gaya bahasa gaul, kekinian informal dan lainnya. Yang terpenting dari artikel ini yaitu mudah dimengerti oleh pembaca.

  1. Meta Deskripsi dan Subheding

Artikel SEO memuat meta deskripsi yang terdiri dari 140-160 kata. Artikel ini juga menggunakan subheding yang membagi menjadi beberapa bagian namun tetap dalam satu artikel yang utuh.

Sedangkan pada artikel biasa tidak terdapat meta deskripsi ataupun subheding. Biasanya pada pembahasan pertama mengenai pembukaan biasa yang tidak mengarah pada konten seperti meta deskripsi pada artikel SEO. 

Tips Membuat Artikel SEO Untuk Website

Menulis artikel biasa mungkin terdengar tidak aneh karena tidak membutuhkan aturan tertentu, tapi bagaimana cara membuat artikel SEO untuk website? Secara, artikel SEO membutuhkan aturan tertentu yang harus diikuti, berbeda dengan artikel biasa yang bisa ditulis sesuai keinginan tanpa adanya aturan. 

Jika Anda ingin membuat artikel SEO, tentu Anda harus mengetahui tipsnya terlebih dahulu atau jika ingin lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa SEO Malang. Adapun berikut ini merupakan tips membuat artikel SEO yang berkualitas untuk website yang bisa Anda ikuti, di antaranya yaitu:

  1. Tentukan Tema Artikel

Sebelum menulis, pastikan Anda telah menentukan temanya terlebih dahulu. Jika website Anda tentang fashion, Anda bisa menuliskan berbagai model pakaian yang sedang hits saat ini atau jika website tentang wisata, Anda bisa menjelaskan tujuan wisata baru, tempat wisata kuliner dan lain sebagainya

  1. Tentukan Panjang Artikel

Panjang menulis artikel dibatasi? Ya, pasalnya untuk membuat artikel SEO Anda perlu memperhitungkan panjangnya. Jangan terlalu pendek, nanti informasi yang diberikan kurang dan jangan terlalu panjang agar pembaca tidak bosan

  1. Tentukan Kata Kunci

Seperti yang diketahui sebelumnya, teknik SEO membutuhkan keyword atau kata kunci. Anda perlu meriset kata kunci terlebih dahulu agar bisa diterima di mesin pencari. Jika Anda bingung menentukan kata kunci, Anda bisa menggunakan Jasa SEO Malang saja, seperti SEO PEDIA.

  1. Gunakan Gaya Bahasa Sesuai Target

Umumnya artikel SEO memiliki tujuan dan target yang harus dipenuhi, oleh sebab itu, Anda harus menggunakan gaya bahasa yang sesuai target sehingga pembaca merasa betah dan nyaman. Gaya bahasa apapun yang digunakan pastikan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dan bisa dipahami dengan baik oleh pembaca.

Itulah 6 perbedaan dasar artikel SEO dan artikel biasa beserta tips membuat artikel SEO yang baik untuk website yang dapat Anda ketahui. Meskipun artikel SEO terkesan lebih rumit karena harus memenuhi aturan tertentu, namun ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan darinya, seperti meningkatkan peringkat website, menambah tingkatan traffic website, banyak orang yang mengenal website Anda dan lain sebagainya.

Teknik SEO juga tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda perlu memahami aturan tertentu dan bisa menerapkannya dengan tepat. Jika ingin hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan jasa SEO Malang atau jasa SEO yang ditemukan di internet seperti https://seopedia.id/. SEO PEDIA merupakan jasa SEO terbaik, berkualitas dan terpercaya yang bisa membantu mengembangkan website Anda menjadi lebih baik, dengan pelayanan yang maksimal dan harga terjangkau.

Silahkan klik support online kami, untuk melakukan chat via whatsapp
Kami adalah penyedia layanan jasa SEO yang sudah terpercaya dan terbaik di Google. Tingkatkan pelanggan Anda melalui mesin pencari Google dengan jasa SEO terbaik di Indonesia.

[iphorm id=1 name=”Paket SEO”] ×