jasa SEO Semarang

Bagaimana Jasa Optimasi SEO Bisa Buat Website-Mu di Halaman Pertama?

Saat menggunakan jasa optimasi SEO, tentunya kamu berharap bisa mendapatkan peringkat yang bagus di Google. Nah, secara umum, ada dua teknik yang dilakukan SEO yakni SEO on page maupun off page

Meskipun kamu nantinya akan menggunakan jasa optimasi SEO, tapi tidak ada salahnya mengetahui terkait SEO on page dan off page serta optimasinya. Yuk, simak di bawah ini!

Cek Arti SEO On Page

SEO on page merupakan praktik optimasi SEO yang prosesnya dilakukan sesudah konten diterbitkan. Jadi, optimasinya lebih fokus di faktor yang terdapat pada konten tersebut. Sehingga, nantinya, kualitas konten bisa meningkat, mudah dipahami, dan dibaca oleh user internet.

Selain itu, optimasi on page juga dapat mempermudah search engine dalam memahami konteks konten serta relevansi web dengan keyword yang dicari oleh user.

Cek Juga Arti SEO Off Page

Selain on page, optimasi SEO juga dilakukan di luar konten atau dikenal dengan istilah off page. Nah, langkah ini juga pastinya akan dilakukan oleh penyedia jasa optimasi SEO. 

Apabila SEO on page berkutat di faktor internal, maka lain halnya dengan off page yang dilakukan pada sektor eksternal. Beberapa diantaranya inbound link atau backlink, sampai pada share di social media.

Banyak orang yang kerap menyalahartikan SEO off page hanya tentang link building. Padahal, sebetulnya lebih dari itu. Memang, link building sangat penting, tetapi bukan satu-satunya. Pembahasan lengkapnya nanti akan ada, so, stay tune!

Cara Optimasi SEO On Page

Jasa optimasi SEO akan melakukan optimasi on page dengan beberapa cara. Beberapa diantaranya akan dibahas di bawah ini!

  1. Memakai Permalink yang Sederhana

Permalink sederhana bisa mempermudah mesin pencari dalam mengenali topi pembahasan pada website-mu. Nah, jasa optimasi SEO akan fokus pada keyword yang ditargetkan saja. Semisal, saat kamu menargetkan keyword “gamis terbaru”, maka permalink yang ideal adalah :

www.websitemu.com/gamisterbaru

  1. Membuat Judul yang Menarik

Saat user internet mengetik kata kunci pada mesin pencarian, maka mereka cenderung hanya melihat judul serta deskripsi singkat konten tersebut. Maka dari itu, peran judul sangat penting.

Beberapa cara yang dilakukan oleh jasa optimasi SEO untuk membuat judul yang menarik adalah menambah angka maupun kata sifat. Nah, dalam survei yang dilakukan Content Marketing Institute, judul yang memakai angka performanya meningkat 45% ketimbang yang tidak memakai angka.

Contohnya adalah :

Cara Mendapat Uang dari Internet dalam 8 Langkah Mudah

Meski begitu, penggunaan angka tidak saklek harus digunakan. Sebab, ada beberapa konten yang tidak cocok memakai angka di judulnya.

  1. Menambahkan Video dan Gambar

Bagi pembaca, konten yang isinya teks saja akan sangat membosankan. Selain itu, konten tanpa adanya media visual juga cukup melelahkan bagi pembaca. Setidaknya, jasa optimasi SEO akan menambahkan dua gambar pada setiap konten.

Akan lebih baik lagi apabila Anda menambah media visual berupa video. Dimana artikel menggunakan video memiliki kesempatan 53 kali lebih besar muncul di page one Google.

  1. Gambar yang Dioptimasi

Poin sebelumnya membahas tentang gambar. Nah, agar kualitas SEO semakin bagus, maka hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran gambar. Sebaiknya tidak terlalu besar karena bisa memperlambat loading website. Maka dari itu, perkecil ukuran gambar hingga tidak melebihi 100 kb.

Silakan gunakan TinyPNG, Kraken, Trimage, dan sebagainya. Beri juga nama file sesuai fokus keyword yang kamu targetkan. Sehingga, gambar akan muncul pada Google Image Search.

Ubah juga alt text yang sesuai dengan keyword. Fungsi Alt text adalah untuk membantu Google dalam mengidentifikasi topik pada pembahasan konten. 

  1. Heading dan Subheading

Agar pembaca mudah memahami konten, buat lah struktur yang jelas serta mudah untuk dipahami. Salah satu caranya adalah menggunakan heading dan subheading.

Fungsinya, untuk memecah artikel jadi beberapa bagian dan memudahkan pembaca untuk menemukan poin penting yang dibutuhkan.

  1. Meletakkan Focus Keyword pada 100 Kata Pertama

Paragraf pertama juga harus mampu memberi kesan baik kepada para pembaca. Kuncinya, kamu harus to the point dan letakkan focus keyword di 100 kata pertama apabila mungkin. Namun, jika tidak cocok, sebaiknya jangan dipaksakan.

  1. Memakai Tema yang Mobile Friendly

Tema yang digunakan harusnya kompatibel untuk berbagai jenis perangkat. Jadi, bisa dibuka pada tablet, desktop, mobile, dan sebagainya. Namun, tidak semua tema pada WordPress responsif. Untuk itu, teliti dahulu sebelum memilih tema.

Cara Mengoptimasi SEO Off Page

Selain melakukan optimasi on page, jasa optimasi SEO juga akan melakukan optimasi SEO off page. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Link Building

Google memakai algoritma berupa Page Rank. Dimana algoritme ini menilai kualitas maupun kuantitas backlink pada suatu website. Semakin banyak referring domain, maka akan semakin baik juga organic traffic-nya. 

Nah, referring domain sendiri merupakan domain yang memberi inbound link pada suatu website. Maka dari itu, sebaiknya dapatkan backlink yang berkualitas agar SEO off page jadi lebih kuat.

Beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan adalah page authority dan domain authority, dofollow dan nofollow, anchor text, trafik, dan relevansi.

  1. Listing Bisnis

Sebaiknya website-mu juga terdaftar pada listing bisnis online. Bisa ke situs review yang menampung listing bisnis pada sektor taman rekreasi, penginapan, dan restoran. Atau ke situs yang lebih fokus pada restoran.

Beberapa mungkin bukan situs review, namun, jika website-mu terdaftar sebagai merchant, maka akan memeroleh satu halaman khusus pada website tersebut. Tentu akan sangat bermanfaat untuk menunjang SEO off page.

  1. Brand Mention pad Media Online

Sesudah melakukan kegiatan maupun kampanye tertentu, biasanya, bisnis akan memeroleh brand mention dari berbagai macam media online. Nah, penyebutan nama tanpa link ternyata juga bisa membawa keuntungan. Yakni pembaca semakin sadar dengan website yang kamu miliki.

  1. Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan sebuah layanan listing bisnis dari Google yang sifatnya gratis. Jika kamu punya bisnis, maka sila daftarkan melalui Google Bisnisku. Layanan ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas SEO off page website-mu.

Postingan website akan lebih mudah muncul pad hasil pencarian. Bisnis juga bisa muncul pada Google Maps. 

  1. Review Produk

Ternyata, review produk serta bisnis yang kamu jalani memiliki pengaruh yang penting terkait SEO off page. Tidak hanya melalui Google Bisnisku. Namun, juga pada situs review yang lain. Semakin positif review, maka perannya untuk SEO off page akan semakin besar.

Agar pelanggan lebih mudah menuliskan review, maka kamu bisa memberikan giveaway. Baik di blognya, akun Google bisnisku, maupun pada situs review lain.

Cukup rumit, kan, cara optimasi SEO yang harus kamu lakukan? Untuk itu, kamu sebaiknya manfaatkan saja jasa optimasi SEO yang akan membuat website-mu lebih mudah muncul di halaman pertama Google. 

Salah satu jasa optimasi SEO yang terpercaya adalah SEOPEDIA. Di SEOPEDIA, kamu akan dibantu meningkatkan trafik hingga penjualan menggunakan berbagai macam teknik SEO. Nah, sekarang, tidak perlu pusing dengan setiap tahapannya, percayakan saja pad SEOPEDIA.

Kami adalah penyedia layanan jasa SEO yang sudah terpercaya dan terbaik di Google. Tingkatkan pelanggan Anda melalui mesin pencari Google dengan jasa SEO terbaik di Indonesia.

[iphorm id=1 name=”Paket SEO”] ×