Control Panel Hosting

Sudah bukan hal yang asing lagi jika suatu bisnis tidak hanya berjalan secara offline saja, melainkan juga secara online. Nah, untuk mengoptimalkan bisnis online, ada banyak cara, salah satunya menggunakan website. Meskipun tampak sederhana, tetapi pembuatan website harus mengoptimalkan beberapa unsur agar dapat berjalan baik, salah satunya adalah control panel hosting.

Untuk mengetahui tentang control panel hosting, sila simak pembahasannya di bawah ini!

Kenal Lebih Jauh dengan Control Panel Hosting

Selain hosting, website juga harus melibatkan adanya control panel hosting. Tujuannya untuk memudahkan user dalam menjalankan blog tersebut. Nah, bagi pemula, tentu control panel hosting cukup asing, untuk itu, mari bahas bersama!

Control panel hosting atau kerap disebut cpanel merupakan tool (alat) yang akan membantu user untuk mengelola layanan hosting serta server-nya. Sebetulnya, cpanel ini bukan singkatan dari control panel hosting, melainkan sebuah brand penyedia control panel hosting. Namun, karena sudah akrab, maka nama ini jadi tersemat untuk menyebutkan tool tersebut.

Alat ini memiliki pengaturan sistem admin yang cukup kompleks. Namun, penggunaannya akan memudahkan user, tanpa adanya control panel hosting, aka akan membuat waktu pengaturan jadi semakin lama dan kurang praktis.

Supaya dapat mengakses control panel hosting, maka kamu butuh username dan kata sandi serta membubuhkan email di dalamnya. Control panel hosting dapat diperoleh secara gratis maupun berbayar. Tampilannya pun berbeda, tetapi fitur di dalamnya cenderung sama.

Manfaat Control Panel Hosting

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, control panel hosting akan memudahkan kamu dalam manajemen website. Namun, secara lebih detail, manfaat control panel hosting bisa dilihat pada ulasan di bawah ini :

  1. Mengatur beragam hal yang ada hubungannya dengan domain web. Baik registrasi sampai transfer nama domain. Jika pemilik web memeroleh domain dari orang lain, control panel akan membantumu dalam memindahkan namanya.
  2. Alat untuk menginstal maupun uninstall beragam fitur windows dan gadget. Selain itu, bisa juga dipakai untuk backup data di website sehingga akan membuat keamanan website terjamin.
  3. Alat untuk mengatur akun, baik, menambah akun email, maupun konfigurasi akun email klien.
  4. Membuat user mengetahui statistik pengunjung dan trafik web tanpa harus men-download plugin dari luar.
  5. User lebih mudah untuk memonitor dan memantau performa server. 
  6. User dalam mengontrol jaringan internet, mengubah sambungan serta mengkonfigurasi sambungan internet.

Cara Memilih Control Panel Hosting yang Berkualitas Baik

Sebelum kamu memutuskan akan menggunakan control panel hosting yang berkualitas, tentunya ada beberapa hal harus dipertimbangkan. Beberapa diantaranya :

  1. Mempunyai Antarmuka yang Mudah

User interface dari control panel hosting yang kamu pilih harus lah mudah dikelola. Selain itu, control panel juga harus mampu mendukung semua kebutuhan dalam membangun suatu website.

Nah, control panel hosting yang bagus adalah yang mempunyai tampilan sederhana serta memiliki fitur yang berkualitas. Sebisa mungkin, jangan memilih control panel yang tidak membingungkan pengguna.

  1. Disertai Layanan Pendukung yang Mumpuni

Pastinya, dalam mengoperasikan control panel, kamu akan mengalami beberapa kendala. Maka dari itu, sebaiknya, kamu pilih yang menyediakan layanan pendukung. 

Jadi, saat ada suatu masalah, maka kamu akan mendapatkan jawabannya di layanan tersebut. Apalagi, jika kamu tergolong sebagai pemilik web pemula.

  1. Kompatibel dengan Sistem Operasi

Setiap control panel dibuat supaya kompatibel dengan sistem operasi yang tersedia. Beberapa ada yang dibuat secara khusus bagi sistem operasi Linux. Untuk control panel yang lain lebih cocok diterapkan pada sistem operasi Windows.

Jika ada ketidakserasian antara sistem operasi dan control panel hosting, tentunya tool ini tidak dapat berfungsi. Sehingga, pastikan dulu control panel tersebut sesuai dengan sistem operasi yang digunakan di PC-mu.

  1. Perhatikan Keamanannya

Hal yang sangat penting dalam memilih control panel hosting adalah keamanannya. Control panel yang baik tentu saja yang menyediakan update terhadap keamanan secara rutin. Selain adanya keamanan, kamu juga harus memastikan tool tersebut menawarkan stabilitas yang tinggi.

  1. Harga yang Sesuai Budget

Hal yang perlu kamu perhatikan dan tidak kalah penting adalah memilih hosting yang sesuai dengan budget. Setiap brand menawarkan fitur yang beragam. Semakin banyak fiturnya, maka akan semakin besar juga anggaran yang harus kamu keluarkan.

Namun, jangan mudah tergoda. Pastikan kamu berpatokan pada kebutuhan penggunaan fitur. 

Jadi, agar website-mu menghasilkan trafik yang tinggi, serta mempunyai kualitas yang mumpuni untuk menarik pengunjung. Maka, control panel hosting yang dipilih harus memenuhi kriteria tersebut. Sehingga, kinerja website menjadi semakin maksimal.

Cara Kerja Control Panel Hosting

Pada control panel hosting, cara kerjanya adalah developer akan mengembangkan website memakai bahasa pemrograman. Baik JS, HTML, atau CSS. 

Dimana pengembangan dilakukan secara offline dan didesain dengan semenarik dan sebagus mungkin memakai aplikasi tertentu. 

Jika sudah didesain, maka developer pun membeli domain supaya website tersebut bisa dimunculkan secara online. Jika telah memeroleh akun, maka developer pun bisa masuk ke control panel serta melakukan beragam konfigurasi.

Fitur yang Umum Ada di Control Panel Hosting

Beberapa fitur yang umum ada di control panel hosting adalah :

  1. Fitur dalam manajemen domain, file, serta backup data

Fiturnya meliputi domain setup untuk mengubah domain, menambah serta menghapus nama domain pada hosting, change password untuk mengubah password hosting, login history untuk melihat catatan login, DNS managemen untuk menghapus serta menambahkan record DNS domain.

Ada juga FTP management untuk menambah serta menghapus akun FTP, MySQL management untuk menghapus, menambah, dan juga mengubah hak akses database, serta masih banyak lagi.

  1. Fitur dalam Kategori Email Management

Fitur ini secara umum berfungsi untuk mengelola email. Diantaranya e-mal accounts yakni fitur untuk menghapus, menambah, dan mengubah password email. Ada juga catch all e-mail untuk setting penerimaan email jika alamat email tidak ada. Forwarders untuk melanjutkan email, autoresponders untuk membuat auto reply pada email. Vacation messages untuk menentukan waktu mulai serta berakhirnya autoresponder.

  1. Fitur pada Kategori Advance Features

Ada beberapa fitur di dalamnya, yakni meliputi server information yang isinya informasi spesifikasi server, SSL Certificates yang berfungsi mengaktifkan SSL, cronjobs untuk menjadwalkan proses saat kamu bisa menjalankan script otomatis berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, site redirection untuk melanjutkan domain ke alamat yang lain.

Control Panel Hosting di SEOPEDIA

Menilik begitu banyak manfaat control panel hosting, maka kamu harus memilikinya untuk mempermudah dalam proses manajemen website. Nah, untuk itu, jika kamu sedang merancang pembuatan website, percayakan pada SEOPEDIA. 

Agensi SEOPEDIA akan memberikan kamu website yang disertai dengan control panel terbaik. Yang tentunya akan membuat optimasi website-mu menjadi lebih oke. Silakan hubungi SEOPEDIA melalui chat WA atau langsung saja akses https://seopedia.id/ untuk informasi lebih lengkap.

SEOPEDIA juga akan membantumu dalam mendapatkan trafik yang potensial serta tertarget untuk semua jenis bisnis melalui website-mu. Yuk, hubungi SEOPEDIA sekarang juga untuk semua kebutuhan website.

Silahkan klik support online kami, untuk melakukan chat via whatsapp
Kami adalah penyedia layanan jasa SEO yang sudah terpercaya dan terbaik di Google. Tingkatkan pelanggan Anda melalui mesin pencari Google dengan jasa SEO terbaik di Indonesia.

[iphorm id=1 name=”Paket SEO”] ×