Cara Agar Produk Muncul di Pencarian Shopee, Tokopedia dan Lazada

Tips Agar Produk Tampil Teratas Di Pencarian Shoppe, Tokopedia dan Lazada

Produk yang muncul di daftar teratas saat mencari sesuatu di marketplace punya potensi lebih besar untuk diklik calon pembeli. Untuk mencapainya, kamu harus menerapkan banyak strategi supaya produk toko online bisa tampil di top search marketplace.

Kali ini SEO PEDIA salah satau jasa seo terpercaya akan memberikan tips Cara Agar Produk Muncul di Pencarian Shoppe, Tokopedia dan Lazada, jadi buat kamu yang jualan di marketplace tersebut pastinya pengen kan produk yang di jual bisa tampil paling atas di pencarian produk, karena dengan tampil paling atas, maka dagangan kamu tentunya banyak dilihat calon pembeli. Kamu bisa menggunakan teknik SEO keyword yang efektif hingga fitur ads untuk bisa meraih peringkat teratas ini.

Namun, cara tersebut pun akan terasa kurang jika kamu tidak mendukungnya dengan elemen lain. Sebab kamu juga perlu membuat tampilan produk tersebut menarik untuk para pembeli. Untuk lebih lengkapnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Makin banyak pengguna, terlebih lagi para penjual, maka mengharuskan anda yang juga seorang penjual di Shoppe, Tokopedia dan Lazada harus bisa bersaing. Sebab bagi penjual yang tidak bisa bersaing jelas akan tenggelam atau tokonya tidak laku sama sekali

Shoppe, Tokopedia dan Lazada sendiri merupakan platform jual beli online, sehingga mengharuskan para pedagangnya mau tidak mau harus mengetahui teknologi digital yang ada saat ini atau istilahnya adalah tidak boleh gaptek. Lantas bagaimana cara untuk mengatur agar produk mudah ditemukan di mesin pencari Shoppe, Tokopedia dan Lazada?

Tips Membuat Produk Tampil Teratas di Marketplace

Disini kita akan membahas bagaimana sebuah produk bisa terus muncul pertama saat mencari sebuah produk, Nah disini ada sebuah sistem di Marketplace saat konsumen mengetik nama produk yang dicari maka sistem ini akan mencatat kata-kata pencarian tersebut.

Tampil di top search berpotensi meningkatkan penjualan. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan supaya produk tampil paling atas di marketplace:

1. Gunakan Judul Produk yang Relevan

Penamaan judul produk tidak boleh asal-asal. Kamu perlu memilih keyword yang tepat supaya mudah ditemukan. Selain itu, judul produk juga harus lengkap dan deskriptif. Ini merupakan hal yang penting untuk produk kalian yaitu deskripsi produk agar konsumen dapat mengetahui tentang informasi dari produk kalian mulai dari berat, ukuran, warna dan bahayanya, dan apakah terdapat garansi apa tidak.

Untuk itu, kamu harus melakukan riset keyword untuk produk yang kamu pasarkan. Misalnya, orang lebih suka menggunakan kata kunci “kaos band” atau “baju band” di mesin pencarian. Dengan begitu, kamu pun bisa memilih judul yang tepat untuk setiap halaman produk.

2. Pakai Harga Termurah

Faktor lain yang membuat produk kamu dipilih adalah harga. Pasalnya, orang bisa berpaling dari satu toko online satu ke toko lainnya hanya karena perbedaan harga yang sangat tipis. Selain itu, banyak juga pengunjung marketplace yang mencari barang dengan menyortirnya dari harga termurah.

Jadi, cobalah melakukan riset di marketplace sebelum mencantumkan harga produk. Setelah mendapatkan harga termurah, kurangi harga produk kamu sekitar Rp100—Rp200 hingga membuat produk kamu jadi lebih murah dibanding kompetitor lain.

Belum selesai sampai di situ. Tambahkan kata “termurah” pada judul produk kamu. Ada dua kelebihan dengan membuat judul dan mengurangi harganya. Pertama, kata kunci termurah banyak dicari oleh pembeli. Kedua, produk kamu akan masuk di top search saat diset filter harga.

3. Rajin Update Produk

Para pembeli juga cenderung mencari produk terbaru saat ingin berbelanja. Terbaru di sini biasanya produk yang masih tersegel atau produk dengan tanggal kedaluwarsa yang masih lama. Nah, cobalah bubuhkan juga judul produk dengan kata “terbaru”.

Dengan kata lain, terus aktif di tokomu dengan meng-update produk terbaru. Bukan hanya produknya saja, kamu juga perlu mengubah harga sesuai dengan pasar. Dengan begitu, kamu bisa menjaga performa halaman produk supaya tetap berada di atas dan eksis di halaman pencarian.

4. Meningkatkan Kepopuleran Toko

Ada cara ampuh untuk membuat toko kamu lebih populer. Namun, langkah ini membutuhkan usaha dan modal. Pertama, kamu perlu menurunkan harga hingga jauh dari harga pasaran.

Cara ini berpotensi meningkatkan penjualan produk dan mengalahkan toko online lainnya. Biarpun murah, kamu tetap harus berikan pelayanan yang baik. Respons yang diberikan pun harus cepat, pengemasan harus apik, dan ketersediaan produk pun harus terus dijaga.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan kepopuleran toko melalui review yang baik dari pembeli. Setelah itu, kamu bisa menambahkan judul “terpopuler” atau “terlaris” di produk tersebut. Jangan lupa naikkan harga supaya untung yang didapat bisa lebih maksimal.

5. Pakai Foto Produk yang Menarik

Kalian perlu memakai foto produk asli dan juga perlu di edit terlebih dahulu agar gambar yang terpampang di halaman utama kalian menarik, jika gambar produk kalian menarik maka perhatian konsumen akan tertuju pada produk kalian dan upayakan gambar produk kalian terlihat jelas tidak membuat produk menjadi jelek.

6. Berikan Promo

Promo mungkin terdengar seperti “bakar duit” buat sebagian orang. Namun, cara ini membuat toko online kamu lebih menarik untuk banyak orang. Hasilnya, traffic toko kamu pun akan semakin tinggi dan membuat mesin pencarian pun menaruh produk tersebut di peringkat teratas.

7. Menggunakan Fitur Ads

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan fitur ads. Tentunya kamu perlu membayar fasilitas yang tersedia di marketplace ini supaya produkmu dapat ditaruh di pencarian teratas pada halaman pencarian.

Biaya memasang ads juga bervariasi, nominalnya berkisar dari Rp50 ribu hingga Rp1 juta. Kamu cukup memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya budget pemasaran. Cobalah untuk berhitung dan bijaksana dalam menggunakan fitur yang satu ini.

Fitur ads ini memiliki durasi dalam pemakaiannya. Setelah habis, produk kamu bisa jadi sudah tidak ada lagi di halaman teratas. Untuk itu, kamu perlu melakukan top up dulu untuk menggunakan fiturnya kembali.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan supaya halaman produk kamu bisa berada di top search pencarian marketplace. Tapi, hal yang juga tak kalah penting saat berjualan di marketplace adalah kamu harus jadi Pelapak yang aktif dan konsisten untuk selalu update dengan persaingan di dalamnya.

Jadi, jangan lupa selalu perbarui produk jualanmu dan tetap melek dengan tren yang ada, ya. Itulah beberapa tips produk anda terus muncul di pencarian Shoppe, Tokopedia dan Lazada, jika kalian masih bingung terhadap hal-hal di atas kalian bisa mengunjungi situs kami di SEOPEDIA.id