Belajar dari Pakar SEO Indonesia

Pengetahuan tentang SEO sekarang ini menjadi senjata utama untuk para pebisnis online. Tidak akan ada artinya ketika sebuah online shop sepi order. Namun tidak perlu khawatir bagi Anda yang baru tahu SEO, disini kita akan belajar dari pakar SEO Indonesia dan melihat bagaimana mereka memulai.

Dalam kacamata SEO goal dari online shop tentunya adalah volume penjualan. Bukan hanya banyaknya kunjungan website, namun juga engagement yang membuat konsumen mau memutuskan membeli sebuah produk atau jasa. 

Dengan kata lain, optimasi SEO memang benar-benar sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan secara online. Nah, bagaimana para pakar SEO ini mampu melakukan itu?

Mengetahui Cara Kerja SEO

Tentunya hal pertama yang harus Anda ketahui adalah tentang cara kerja SEO sendiri. Cara kerja SEO ini sederhananya adalah memberikan kemudahan kepada setiap orang untuk menemukan kata kunci yang dicari dalam search engine yang digunakan.

Misalnya seseorang ingin membeli sepatu secara online. Kata kunci yang berkaitan dengan keinginannya tersebut seperti ‘sepatu pria olahraga’. Mesin pencari kemudian akan menampilkan website yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Nah, SEO ini akan membantu website tersebut agar bisa lebih mudah ditemukan.

Semakin baik SEO, maka mesin pencari akan menempatkannya pada halaman pertama dan paling atas.

Dari kinerja SEO tersebut, manfaat yang didapatkan berupa relevannya kata kunci dengan website Anda, mendatangkan banyak kunjungan, dan mendapatkan website paling atas dalam mesin penelusuran.

Hasil pencarian ‘sepatu pria olahraga’ ini akan memuat ribuan, bahkan jutaan situs hanya dalam hitungan sepersekian detik. Mungkin terlihat sangat cepat, namun sebenarnya ada proses yang rumit dari dalam mesin pencari seperti Google ini.

Proses pencarian tersebut ada tiga tahapan, yaitu crawling, indexing, dan ranking. Berikut penjelasannya:

  • Crawling merupakan proses pengumpulan informasi dari website yang tersedia secara online.
  • Indexing merupakan proses penyimpanan dalam sistem indeks.
  • Ranking merupakan proses peringkatan sesuai dengan kata kunci.

Tidak hanya itu, masih ada sistem dalam mesin pencari yang digunakan untuk menjaga kualitas hasil pencarian. Itulah yang disebut sebagai algoritma mesin pencari.

Algoritma ini memiliki beberapa rule yang ditetapkan. Seperti mengutamakan website yang terpercaya, populer, dan memiliki konten berkualitas.

Mesin pencari terbesar seperti Google bahkan memiliki beberapa algoritma yang punya spesifikasi masing-masing. Tiga algoritma yang banyak dikenal dari para pakar SEO berupa:

  • Panda, sebuah algoritma yang melakukan proses filtering, pemberian sanksi, dan penghargaan konten.
  • Penguin, sebuah algoritma yang mencegah spam.
  • Hummingbird, sebuah algoritma yang meningkatkan kinerja Panda dan Penguin.

Dengan mengetahui cara kerja SEO ini, bisa memberikan gambaran kepada Anda bahwa konten website yang berkualitas sangatlah penting.

Bagaimana Penerapan SEO untuk Bisnis Online?

Optimasi SEO sebenarnya merupakan suatu proses yang harus dilakukan secara terus menerus. Hal ini berkaitan dengan mesin pencari yang selalu melakukan pembaruan algoritma. Karena itu proses penerapan SEO harus selalu dilakukan dengan pendekatan terbaru.

Dalam proses optimasi ini ada dua kategori yang dilakukan, yaitu secara onsite dan offsite. Nah, berikut penjelasannya.

  • Onsite SEO

Optimasi ini berkaitan dengan proses yang dilakukan dari dalam website. Beberapa elemen tersebut adalah URL, konten dalam website seperti gambar, teks, video, layout, dan lain sebagainya.

Beberapa hal yang dilakukan dalam SEO ini berupa kata kunci, tinjauan teknis, optimasi, dan user experience.

  • Kata Kunci

Kata kunci menjadi poin penting agar mesin pencari merekomendasikan website Anda. Kata kunci inilah yang digunakan oleh user ketika ingin menemukan sebuah topik di internet.

Karena itu, Anda harus memperhatikan bagaimana menempatkan kata kunci secara tepat dalam sebuah konten. Secara garis besar, pastikan kata kunci berada di bagian judul, heading, dan isi.

  • Tinjauan Teknis

Hal-hal yang berkaitan dengan website berupa sitemap, URL, redirect, link, dan sitemap, sangat berpengaruh pada proses crawling mesin pencari. Karena itu perbaiki semua hal-hal yang berkaitan dengan tinjauan teknis tersebut.

  • Optimasi

Optimasi ini berkaitan dengan tampilan dan kualitas pada website Anda. Mulai dari desain, struktur, navigasi, dan relevansi konten.

Desain website pastinya akan memberikan ketertarikan para pengunjung. Kemudian struktur dan navigasi akan memberikan kemudahan pengunjung dalam mendapatkan informasi. Sedangkan relevansi berkaitan dengan kualitas konten yang membuat pengunjung mendapatkan engagement.

  • User experience

Bagian ini berkaitan dengan berbagai macam fitur yang memberikan kepuasan bagi para pengguna. Seperti informasi produk yang detail, gambar yang relevan, sistem transaksi, dan berbagai fitur lainnya.

  • Offsite SEO

Terkait dengan offsite SEO ini berkaitan dengan beberapa hal dengan pemasaran dan tidak terkait langsung dengan website. Kategori kedua dari SEO ini juga sangat penting karena juga akan mengenalkan website Anda.

Beberapa hal terkait dengan offsite SEO adalah sebagai berikut:

  • Konten Pemasaran

Konten pemasaran ini terkait dengan strategi yang dilakukan agar website dikenal banyak orang, sehingga mendatangkan pengunjung baru. Strategi konten ini seperti dengan menggunakan media sosial untuk mempromosikan website.

  • Promosi 

Promosi yang dilakukan seperti pemberian diskon, giveaway, dan berbagai jenis promosi lainnya. Dengan adanya promosi ini pastinya akan menambah daya tarik konsumen untuk membeli produk Anda.

  • Public Relation

Hal ini kaitannya dengan hubungan yang antara bisnis Anda dan para konsumen. Hal ini bisa dibangun dengan berbagai macam strategi. Mulai memberikan pelayanan yang optimal, melakukan event, dan berbagai macam hal lainnya yang berkaitan langsung dengan para konsumen.

Itulah beberapa hal terkait dengan SEO yang dilakukan oleh para pakar SEO. Meski sebenarnya masih banyak hal yang harus Anda ketahui secara lebih untuk benar-benar bisa memberikan efektivitas pada optimasi SEO ini.

Namun, tidak Anda tidak perlu menjadi pakar SEO terlebih dahulu agar bisa membuat website atau online shop Anda mendapatkan rating yang tinggi dalam mesin pencarian. Karena Seopedia.id akan membantu Anda mewujudkan hal itu?

Bagaimana Seopedia.id Membuat Website Anda Jadi No. 1?

Seopedia.id merupakan mitra terbaik untuk membantu Anda dalam optimasi SEO. Beberapa proses optimasi SEO yang dilakukan mulai dari analisis bisnis, linkbuilding, brand awareness, pemilihan kata kunci, click through rate, hingga content generation.

  • Analisis bisnis, dilakukan untuk mengetahui seberapa efektifkah website Anda.
  • Linkbuilding, membantu memberikan tautan yang akan meningkatkan kunjungan berkualitas.
  • Brand awareness, menjamin bahwa produk dari bisnis online Anda bisa mendapatkan engagement yang kuat dari para konsumen.
  • Pemilihan kata kunci, dilakukan agar lebih banyak orang lebih mudah menemukan website Anda. 
  • Click through rate, membantu meningkatkan jumlah klik yang akan masuk ke website Anda.
  • Content generation, memberikan konten-konten yang berkualitas, sehingga akan semakin ramah dengan algoritma.

Setelah belajar dari para pakar SEO Indonesia, apalagi dengan mitra profesional, pastinya akan membuat website Anda menjadi nomor 1. Jadi, saatnya untuk optimasi website Anda sekarang juga dengan seopedia.id.

Silahkan klik support online kami, untuk melakukan chat via whatsapp
Kami adalah penyedia layanan jasa SEO yang sudah terpercaya dan terbaik di Google. Tingkatkan pelanggan Anda melalui mesin pencari Google dengan jasa SEO terbaik di Indonesia.

[iphorm id=1 name=”Paket SEO”] ×